JOGLOSEMAR.CO Rubrik SMS Warga Edisi 21 Maret 2013

Edisi 21 Maret 2013

292

Wayang Orang Sriwedari Perlu Diuri-uri

Wayang Orang Sriwedari perlu diuri-uri atau dijaga kelestariannya, generasi di jaman sekarang ini memang diakui sudah kurang ketertarikan sehingga kurang mengenal tentang Seni Budaya milik Bangsanya sendiri, yaitu Wayang Orang berikut dengan cerita-ceritanya, padahal di Pendidikan Sekolah Dasar juga masih dikenalkan sedikit pengetahuan tentang Wayang yaitu wayang kulit, di jaman dahulu sekitar 45 tahun yg lalu, Wayang Orang Sriwedari masih termasuk tontonan yg sangat diminati dan digemari bahkan termasuk Tontonan Seni Budaya yang di unggulkan oleh Warga Kota Solo serta oleh Warga Masyarakat se-Eks.Karesidenan Surakarta, di jaman sekarang ini kita akui bahwa untuk mensosialisasikan Seni Budaya Wayang Orang memang tidak mudah atau tidak gampang, karena berkaitan dng selera Generasi di jaman sekarang ini, apalagi setiap hari hanya dengan menunggu Penonton atau katakanlah menunggu bola, untuk itu perlu diusaha kan dengan cara menjemput bola, misalnya saja : 1). Disamping Acara Rutin kesehariannya juga Perlu adanya pemasaran dengan sistem paket kerjasama lewat Biro Wisata, khusus VIP untuk Tamu Rombongan Wisatawan yang datang ke Kota Solo.  2). Dengan sistem paket Acara lewat Kepala Sekolah tingkat SD, SMP, SMU di Surakarta ini misalnya yang berkaitan dengan Acara Perpisahan Murid Sekolah, atau mungkin diadakannya Acara Wisata Budaya bagi Murid-muric Sekolah agar bisa lebih mengenalSeni Budayanya. 3). Perlu juga penawaran Paket Acara lewat Iklan kepada Organisasi-organisasi Masyarakat, Paguyuban-paguyuban di Masyarakat, dlsb. Nuwun.

Gus Nanang, Solo

081804509333

 

“Penumpang Gelap” di CFD

Ambulan saja di larang lewat CFD,Kog ada spur klutuk lewat,ada”penumpang gelap”

081229894816

Mari Kita Budayakan Antre

Mohon buat pengendara motor di jembatan biru kecil satu arah di Mripitan Mojosongo Harap tau diri ya.. teka keri masak pengen disik. Isin ta ya.. Budayakan antri.

085728201958

Bekas Pasar Darurat Depok Tolong Dibenahi

Yth. Bpk DPP dan DKP wilayah depok manahan. Mohon bekas pasar darurat depok dibenahi dan dibersihkn agar tidak nampak kumuh dan kotor, terima kasih.

Sri Mulyaningsih

6288216502814

Halte BST Baturono Mau Dibongkar atau Dibenahi

Halte Bus  BST di  perempatan BangJo Baturono itu,, tolong di bonkar saja kalao tidak di pakai lagi.. dah patah brantakan.. Merusak pemandangan jalan.Tapi kalao di pake , tolong di perbaiki.. Maturnuwun.

087835152203

Mempertanyakan Pungutan oleh Oknum Kelurahan

Sebagai petugas kalurahan seharusnya melayani masyarakat dengan baik. Bukan malah meminta uang yang mahal sebagai ganti kertas keterangan oleh oknum di kal. Banyuanyar.

085728172058

Jalan Perlintasan Pasar Nongko Banyak Berlubang

Mohon kepda pejabat yang terkait baik Pemkot Solo maupun PT. KAI. Coba lihat jalan perlantasan rel di palang Pasar Nongko banyak lobang-lubang tolong segera di perbaiki. Apa nunggu korban dulu baru ada respon. Makasih JS

08156749936

Menanti Ketoprak dengan Paraga TNI-Polri

Kapan ya ada acara kethoprak atau wayang orang dengan parogo-parogo dari  TNI atau Polri? Saya yakin banyk personil mereka yang berbakat. dan itu juga menjadi ajang lepas kejenuhan dan ketegangan mereka ,Selain masyarakat juga terhibur. karena kita butuh hiburan wayang dan kethoprak yang murah ,menghibur,dan mendidik. P Rudi tolong acara ini di mulai dari Solo ya.Kita nunggu lho.Terimakasih

087835473071

Kenapa Bangun Cagar Budaya Kraton Minta ke UNESCO?

Membaca harian Joglosemar tanggl.16 Maret 2013, di halaman.4, dengan judul : Raih Dana Unesco, Keraton dan Ratusan Heritage Bersaing. Pertanyaannya : Kenapa Dana untuk Membangun Cagar Budaya seperti Keraton Surakarta ini sampai minta-minta ke Unesco..?. Apakah Keraton bukan milik Bangsa dan Negara Indonesia..?, lalu kenapa dan alasan apa, Negara saat ini seolah-olah sudah lepas perhatian terhadap pelestarian Keraton Surakarta ini..?, padahal dalam Sejarah Terbentuknya NKRI, justru merupakan Kerajaan yang pertama kali secara resmi menggabungkan Wilayah Kerajaannya kepada NKRI, dengan Penggabungan Wilayah Kerajaannya tersebut lalu Pemerintah NKRI memberikan Penghargaan dengan memberikan hibah Biaya untuk keperluan pelestarian Keraton Surakarta beserta apa yang ada didalamnya, Yang perlu di-Ingat dan diperjelas yaitu bahwa istilah Hibah merupakan kewajiban, dan itu tidak sama dengan istilah Bantuan yang ala kadarnya. Nuwun.

Sinduseno

081392229916

 

Kerusakan Jalan di Colomadu Terabaikan

Sebaiknya kec. colomadu masuk solo saja,biar jalannya bagus.  Jalan sering rusak. Dalam jangka 1 th , hanya 2 bln jalan bagus, selebihnya remuk. Selain itu lebih dekat solo.

Widodo, Tohudan

085647408428

Waduk Delingan Jadi Tempat Mabuk dan Mesum

kepada POLRES Karanganyar tolong daerah waduk Delingan di operasi karena tiap hari sampe malem selalu di jadikan tempat mabuk-mabuan sama mesum.mengganggu warga yang mau ketempat itu.bahkan sampe Memalak pengunjung.

EDI Karanganyar

08562516468

Penipuan Catut Nama Cabup

Sehubungan dgn akan adanya PEMILIHAN BUPATI KAB.KRA. Harap hati” sekitar sebulan yang lalu telah trjadi aksi penipuan di daerah saya,tepatnya daerah kec.jatipuro. dengan modus kasih pinjaman uang atas nama salah satu calon bupati.,dengan syarat melampirkan fotocopy ktp dan materai Rp. 6.000 2 lembar..tapi sampai sekarang tidak cair..entah itu penipuan pribadi atau ingin menjelekkan nama calbup.

087835395958

Pengamen di Taman Gajah Meresahkan

Kepada yang terhormat pemda karanganyar,Saya sangat senang sekali dengan di bangunnya Taman Gajah. Banyak warga sekitar maupun warga kabupaten lain yang menikmati bangunannya. Namun akhir-akhir ini hampir setiap hari keberadaan segrombolan  pengamen bergaya ala punk sudah sangat meresahkan para pengunjung. Tak hanya mengamen, mereka juga tak segan-segan meminta  uang  secara paksa kepada para pengunjung. Dalam aksinya mereka selalu menenggak miras duluan. Mohon perhatiannya pemkab KarangAnyar yang terhormat agar menindak lanjuti kejadian ini agar tidak berlarut-larut. Demikian pemberitahuan saya .

Muhammad, Karanganyar

081567649450

Kapan Jalan Arah Adisumarmo Akan Diperbaiki?

Buat Pihak Terkait “Kapankah Jalan arah Adisumarmo Akan Di Perbaiki?!!! Haruskah jatuh KORBAN LAGI!!!

085728855376

Kades Pensiun Masih Genggam Aset Pemkab

Kades Pensiun Aset Pemkab Sragen Belum Dikembalikan. Memang jadi pejabat itu enak, sepeda,mobil dapat inpentaris dari pemerimtah,namun saking kepenaknya kades katelan tangen sragen,justru selama satu tahun tidak memakai sepeda legenda,karena sudah beli avanza,mio,megapro,truk, jadi sepeda honda legenda plat merah,entah kemana,karena sepeda honda legenda plat merah tidak nyaman,tidak ngetren,dan malu tidak mau pakai sepeda yang membelikan rakyat karena sudah kaya raya,bahkan kades terkaya sekabupaten sragen,tapi masih pamrih sepeda legenda plat merah enggan kembalikan ke pemkab sragen, atau serahkan kepenerusnya,yang jelas masyarakat katelan mengucapkan banyak terima kasih,atas kebobrokan dan menguasai aset desa katelan,untuk memperkaya diri sendiri, selamat menikmati masa pensiun,rakyat hanya mencatat,kebaikan dan keburukan saat menjadi kades katelan, becik ketitik olo ketoro, wong korupsi enteke neng rumah sakit. . .wis pengen cerdas ayo moco joglosemar.

085879156950

Tangani Kasus Hendi dengan Hati Nurani

Kepada Yth kapolres sragen dan kepala kejaksaan sragen mohon dipertimbangkan lagi kasus hendi dengan hati nurani. masa depan sekolah hendi tinggal menunggu UAS. pikirkanlah bila terjadi pada anak-anak anda.

085867334241

Perlu Ketegasan Hukum untuk Kasus Siswa Berzina

Zina apa sanksinya? siswi hamil dan yang menghamili apa tidak dihukum? Kalau malah difasilitasi pelaku penghamil tidak diberi sanksi berat aku khawatir tidak jera dan siswi yang lain tidak merasa takut. Mestinya ditindak tegas pelakunya .kejadian siswi SMKN 1 Sambirejo Sragen hingga melahirkan di toilet mencoreng dunia pendidikan. Harus ada sangsi berat biar jera dan membuat takut yang lain. Fihak sekolah dan Diknas harus tegas hukum pelakunya. Demi masa depan generasi penerus . makasih js.

Sahlan,  Sragen

085229908282

Terima Kasih Pipa Jembatan Sudah Ditambah

Joglo makash ya pipa di jembatan ke dua dari arah terminal sragen ke solo di kampung pojok udah ditambahi 2 pipa sehingga aman oke jaya js jaya indonesia tanks

085745418927

Jalan Sonorejo-Pasar Cuplik Rusak Parah

Jalan. Sono Rejo sampai Pasar Cuplik Sukoharjo rusak parah banyak berlubang dan malam hari gelap nggak ada penerangan, rawan kecelakaan atau kejahatan, tolong segera diperbaiki, untuk PLN gimana? konsumenmu tiap bulan sudah dibebani pajak penerangan jl. Raya,jalan mana yang dimaksud ya…?

081931664771

 

Ucapan Selamat dan Masukan untuk RSPD Sukoharjo

O ya selamat boyongan Radio RSPD Sukoharjo ke Dishub Skh. Sekalian audio FM-nya diperbaiki Antena pemancar fm-nya ditambah, selama ini kan hanya 4 bay/buah, lebih bagus kalau dibuat 6 bay/buah (biar suara FM-nya lebih gandem). Dan lebih bagus antena FM-nya ke arah utara, agar bisa menjangkau Kartasura,Palur, dll). Tapi saya yakin jika antena fm jadi 6 bay TOP FM Sukoharjo tambah bagus stop. maturnuwun.

083865691212

Mempertanyakan Razia di Gang Kecil

Perlu diketaui buat polisi lantas Kartosuro pada hari jumat tanggal. 15-03-2013, anda itu mencerminkan bahwa anda haus uang, masak di gang kok di adakan razia apa lagi yang razia cuma 2 orang.

089673431546

Jalan Jalur Bus Gentan dan Bendosari Rusak Parah

Untuk DPU Sukoharjo, jalan jalur bus dari Gentan, Bendosari, ke selatan sampai utara DKR Sukoharjo, banyak yang berlubang besar-besar dan berbahaya, mohon segera ditambal/diperbaiki pak. Terimakasih.

087812642999

Coblosan Untuk Pilih Ketua RT

Kadilangu menyelenggarakan coblosan untuk pemilihan ketua RT? kami warga jetak rt02 rw 1 wonorejo sudah melaksanakan hal tersebut pada tahun 2002.

02719194202

Kapan RSPD Sukoharjo Mengudara Lagi?

Kapan nih Radio RSPD Sukoharjo segera mengudara lagi? sebagai pendengar kami sangat suka dengan para penyiarnya yang grapyak semanak dan informasi pembangunan kabupaten. sukoharjo.

Retnowulan,  Weru Sukoharjo

087812780532

Sulit Mengubah Karakter Sebuah Kota

Kagem dik Nanang, Joglosemar Jumat 15 Februari 2013, memang kota Surakarta ini di jaman dahulunya sudah menjadi kota perdagangan. Beda dengan Yogjakarta yang memang jadi kota kebudayaan, meskipun ke dua-duanya memiliki adat istiadat budaya yang seakar, yakni budaya jawa Mataram. Sampai kapan pun, tetap saja karakteristik kota Surakarta adalah karakteristik kota perdagangan. Karakteristik inilah yang oleh mantan walikota Surakarta Joko Widodo ingin di rubah guna mendatangkan banyak wisatawan mancanegara dengan merubah acara-acara formal dng tata acara kirab-kirab budaya, membuat Solo menjadi kota heritage, melempar issue pelestarian BCB, dll. Akan tetapi kalau yang namanya Karakter itu sulit untuk dirubah. Akibatnya jadi seperti sekarang ini, maju tidak mundur pun ogah, semua apa yang tadi ingin di robah oleh Joko Widodo. Wisatawan yang datang umumnya orang-orang yang tahu mana budaya asli yang sejati, dengan budaya yang dipaksakan asal jadi.

085647193313

BAGIKAN